Sunday, October 16, 2011

farewell speech a.k.a khutbatul wada' a.k.a pidato perpisahan angkatan 3

Standard
Bismillahirahmanirrahim..

Hari demi hari tak terasa berlalu tak kenal waktu. Kebersamaan , persahabatan ,, rasa kasih sayang ,  ketergantungan , hingga pertengkaran – pertengkaran kecil mengiringi masa indah kita di bina umat. Ingat kah kawan..ada hari  ketika kita menatap langit pertama kali disini, merasa hari itu adalah hari terasing . berkenalan satu sama lain , mencari keadaan tersepi untuk menangis  saat malam pertama jauh dari apa yang biasa terjadi dirumah.
Ingatkah kawan, ada hari saat dimana kesetia kawanan kita terjalin perlahan, keasingan yang berubah menjadi keeratan seorang sahabat , aku ,kalian , kita.
Menatap bintang dengan sejuta mimpi , saling meyakinkan , saling memotivasi , saling menyemangati. Bahkan ketika suatu waktu konsekuensi harus kita terima , digundul atau memakai jilbab iqob , saat air mata dipelupuk ,rasa malu yang tak terkira , kalianlah yang meyakinkan  bahwa semua akan baik baik saja. Kita , sahabat selamanya
Detik detik bersama , mengajarkan kita saling memahami. Apapun kata mereka , apapun pandangan mereka , selama kita bersama , smua akan baik – baik saja .
Waktu yang mengajarkan kita untuk berkompromi , belajar menjadi sigung – sigung kecil yang menyusahkan  asatid . membuat heran dengan kenakalan kita . mewarnai hari  dengan sedikit keberanian dan kenekatan . belajar menyesali , belajar mengambil arti , belajar memaknai .
Disinilah kita untuk beberapa tahun lalu. Menyalakan dunia yang terlukis diantara hujan , diantara kisah cinta , diantara kepingan rasa , mengharapkan hujan melarutkan nyanyian malam. Membasuh embun melepas malam bersama. Disinilah kita kawan , sesaat yang berarti.sesaat yang tak akan terbagi.
Terimakasih kami , untuk ayah ibu , mama papa , abi umi kami yang dengan ikhlas melepas kami disini . mengantarkan dengan doa – doa kebaikan , mengikhlaskan dengan harapan akan masa depan , jarak jauh umi abi tempuh demi kami, demi melihat keadaan kami , menanyakan apakah semua baik – baik saja , apakah kesehatan kami terjaga , apakah makan kami enak ,itulah orang tua . terimakasih ayah ibu , papa mama , abi umi ..yang rela berkorban apapun demi kami , mengusahakan kecukupan walau terasa berat , yang sanggup melepas segalanya hanya untuk melihat senyum dibibir kami . kami pulang bu ,yah ..setelah sekian tahun belajar arti kehidupan , kami akan segera pulang dengan kelulusan yang kami persembahkan untuk ayah ibu . inilah kami .. maaf , atas segala kenakalan kami , atas ulah kami yang membuat resah , maaf kan kami karena selama ini belum menjadi seperti mimpi dan harapan ayah ibu , tapi inilah kami .. mencintai ayah ibu , mama papa ,umi abi , lebih dari siapapun . penuh doa penuh cinta , semoga ayah ibu selalu dalam lindungan allah , aku sayang umi aku cinta abi . tak terlukis tak terkikis .selamanya .
Terimakasih kami , untuk ustadz – ustadzah. Yang mengajarkan kami untuk mengerti , mengajarkan kami untuk memahami . semua ini menjadi sebuah arti yang tak akan terganti . guruku , pahalawanku..mengajarkan kami mengepakkan sayap – sayap kecil terbang jauh kelangit ilmu. Mengajarkan kami menghitung bintang dengan doa dan harapan.mendorong kami menyusun puzzle – puzzle mimpi , memberi motivasi  disaat hati kami tak yakin ini kan berhasil.  Bukankah ini menjadi hal yang terindah . engkau guruku , pahlawanku, semua hal adalah keoptimisan. Guru kami , sahabat kami , ayah ibu kami , hal terindah yang kami dapat . terimakasih us, atas segala keikhlasan , keteladanan , kesabaran , dalam membimbing kami. semoga dimanapun ustad – ustadzah berada , berjuta doa teriring selamanya. Tak akan terganti , tak akan terbagi , semua asa yang ustad – ustadzah tanamkan kepada kami .
Maafkan kami us , kala lisan ini berucap pedih , kala hati kami berprasangka lirih , kala sikap kami membuat perih . Segala tingkah polah kami .. segala tindak tanduk kami , maafkanlah ..keletihan diantara senyum yang menhiasi bibirmu , kejengkelan diantara nesihat – nasihatmu , kepayahan diantara binar bola matamu , sering tidak kami sadari , sering tidak kami pahami .maafkanlah . Betapa bahagianya suatu hari nanti ketika kami dapat mempersembahkan kesuksesan kami untukmu ustadz – ustadzah.

Untuk teman – temanku , sahabatku ,yang sekian tahun membersamaiku ,terimakasih untuk kenangan indah ini .ada hati ketika kau menyakitiku , ada hari ketika aku menyakitimu .,namun banyak hari ketika kau memecah derai tawaku ,kenangan bersama , makan sepiring berenam , kaca satu untuk semua , berebut kamar mandi , berebut tempat cuci , semua indah , saat kau usap air mata yang keluar ,kala kekecewaan ,kegagalan ,keputus asaan mendera , kau katakan bahwa aku bisa .semangat dan rasa kasih sayang memupuk persaudaraan , ami , ani , ainun , iyoh , dapoo , azmi , sasa , azul , ferhin , chea , mba el, evi , ela , kak nida , fani,yusri , betha ,galang ,akbar ,upi,ifi ,mas faisal , wildan , iqbal , yuki , yasin ,fikri ,kalian adalah bagian terindah disini .tetaplah menjadi pribadi muslim muslimah sejati.karena aku sangat menyayangi kalian.terimakasih atas cerita masa muda yang indah, penuh warna ,penuh asa ,bersyukurlah kawan pada hari ini kita jadi alumni 2011
Terimakasih untuk adik – adik kelas .keceriaan yang menyemangati kita , doa tulus dan keikhlasan memaafkan kita, sehingga kita bisa lulus 100%.lihatlah apa yang bisa kalian teldani dari kita ,perbaiki apa yang masi belum dapat kami teladankan pada kalian .doakan kita dik, agar selalu terjaga dalam naungan islam .susulah kita tahun depan dan tahun berikutnya . jadikan bina umat sebagai almamater terhebat kita .
Hari ini tuntas sudah kami menimba ilmu di bina umat , keharuan  menyeruak tak terkira saat menyadari inilah detik detik kami akan melangkah didunia yang baru .didunia yang belum pernah kami lalui sebelumnya .hari ini , hari paling dinanti , hari pelepasan kami dengan kebahagiaan , sekaligus kesedihan ,kami akan berpisah .ya Allah sesungguhnya Engkau tau bahwa hati – hati kami telah berkumpul untuk mencurahkan mahabbah hanya kepada-Mu ,bersatu dalam rangka menyeru dakwah dijalanMu , berjanji setia untuk membela syariat-Mu , maka kuatkanlah ikatan pertaliannya ya Allah , abadikanlah kasim sayangnya , tunjukanlah jalannya , dan penuhilah dengan cahaya Mu yang tak akan pernah redup , lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan ma’rifahMu ,dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalanMu ,sesungguhnya engkau sebaik –baik pelindung dan sebaik – baik penolong . amin ..
Kahlil Gibran dengan syairnya yang indah..
Ketika tiba perpisahan jangan lah kalian berduka.sebab apa yang paling kalian kasihi akan Nampak nyata dari kjauhan,seperti gunung yang akan Nampak lebih agung kala dilihat dari padang dan dataran  .

0 komentar:

Post a Comment